Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.5913Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan karakter sopan santun dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di SMP Negeri 1 Hiliserangkai tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: pertama, peran penting dalam menanamkan karakter sopan santun dengan mempraktikkan tata krama dasar yang baik, dengan menunjukkan perhatian kepada peserta didik sehingga mereka merasakan bahwa guru memperhatikan perasaan dan kondisi siswa. Kedua, Kendala guru dalam menanamkan karakter sopan santun yaitu masih terdapat siswa yang masih susah diatur, berbagai karakter siswa yang menunjukkan perilaku kurang sopan, seperti keluar masuk kelas tanpa permisi pada saat proses pembelajaran yang masih berlangsung, jadi dalam hal itu dapat mengganggu konsentrasi guru dalam menjelaskan materi sehingga peserta didik yang lain juga merasakannya yang keluar masuk kelas tanpa permisi, keras kepala dan tidak mau mengerjakan tugas, misalnya tugas kelompok dimana setiap pemberian tugas dari guru tidak pernah dikerjakan siswa tersebut. Ketiga menjadi teladan, pendengar yang baik dan pembiasaan yang baik setiap hari, seperti memberi pengertian untuk selalu menghargai orang yang lebih tua, menegur anak yang berbicara tidak sopan/berkata kasar, memberi contoh penerapan sopan santun serta selalu memberikan motivasi dan dukungan kepada peserta didik.