Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Shape Box pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Devi Ika Rusanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Luluk Iffatur Rocmah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5929

Abstract

Kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak prasekolah merupakan keterampilan anak untuk mengenal, menunjuk, dan menyebut benda yang ada disekelilingnya sesuai bentuk geometri. Kemampuan mengenal bentuk geometri ditandai dengan kemampuan mengelompokkan bentuk geometri yang berbeda seperti segitiga, lingkaran, persegi dan persegi panjang. Rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak di TK Dharma Wanita Persatuan Kebonsari disebabkan oleh media yang digunakan dalam pembelajaran geometri kurang bervariasi, sehingga anak kurang memahami bentuk-bentuk geometri. Perlu adanya solusi agar kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri meningkat. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri menggunakan media shape box. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan dokumentasi. Adapun hasil penelitiannya dari pra siklus dengan nilai rata-rata 56.07%. pada siklus I mengalami kenaikan signifikan dengan nilai rat-rata 70.71% dengan kriteria belum tuntas, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I yaitu sebesar 83.92%. Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media shape box kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri dapat meningkat, oleh karena itu hasil penelitian ini direkomendasikan untuk tercapainya kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri.

Published

2024-09-04

How to Cite

Rusanti, D. I. ., & Rocmah, L. I. . (2024). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Shape Box pada Anak Usia 5-6 Tahun. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10590-10598. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5929