Efektivitas Pemanfaatan Video TikTok sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa

Authors

  • A. Rizal Universitas Bosowa, Indonesia
  • Asti Dwiyanti Universitas Bosowa, Indonesia
  • Burhan Burhan Universitas Bosowa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5959

Abstract

Penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan menawarkan potensi untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa dengan cara yang inovatif. Platform ini memungkinkan dosen untuk menyajikan materi pembelajaran dalam format video pendek yang menarik dan interaktif, yang dapat merangsang pemikiran kritis dan refleksi terhadap nilai-nilai demokrasi, partisipasi politik, dan hak asasi manusia. Namun, penggunaan TikTok juga dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti memastikan akurasi konten, ketersediaan akses teknologi yang setara bagi semua mahasiswa, dan perlindungan privasi data. Untuk mengoptimalkan penggunaan TikTok dalam pendidikan kewarganegaraan, diperlukan pelatihan intensif bagi dosen, evaluasi terhadap dampak pengajaran, serta kolaborasi yang erat dengan pihak platform untuk memastikan keamanan dan kepatuhan regulasi. Dengan mengimplementasikan rekomendasi ini, institusi pendidikan dapat memanfaatkan TikTok sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi warga negara yang aktif dan bertanggung jawab dalam masyarakat global.

Published

2024-09-01

How to Cite

Rizal, A. ., Dwiyanti, A. ., & Burhan, B. (2024). Efektivitas Pemanfaatan Video TikTok sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9545-9554. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5959