Psikoedukasi ATEP (Antibullying Teacher Empowerment Program) untuk Meningkatkan Efikasi Diri Guru di SD Yapis Doom dalam Penanganan Perundungan

Authors

  • Puspa Citra Dwi Nurul Azizah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Nengsih Sri Wahyuni Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Tri Permata Sari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6042

Abstract

Maraknya kasus perundungan di instansi pendidikan sudah menjadi isu global. Tingginya kasus perundungan karena orang tua, siswa bahkan guru belum memiliki kesadaran akan perundungan. Satu dari sepuluh orang menganggap bahwa perundungan ini adalah masalah sedangkan lainnya menganggap bahwa perundungan adalah bagian dari cara anak-anak bercanda sambil bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi untuk peningkatan efikasi diri guru dalam mengatasi perundungan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental. Dengan desain eksperimental semu (quasi-experimental design), penelitian ini menggunakan pra-eksperimental karena dalam eksperimental semu masih menggunakan perbandingan kelompok, namun metode ini memiliki kelemahan pada randomisasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 7 orang. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil dari perlakuan antara pretest (M=79.00, SD=6.082, t=-11.250) dan posttest (M=104.71, SD=6.047, t=-11.250), nilai sig. 2 tailed 0.000 0,05. Dengan demikian, perlakuan psikoedukasi ATEP berpengaruh meningkatkan efikasi diri dilihat dari perbedaan pretest-posttestnya. Pada penelitian ini ditemukan bahwa psikoedukasi ATEP (Antibullying Teacher Empowerment Program) bisa meningkatkan efikasi diri guru SD YAPIS Doom dalam penanganan perundungan.

Published

2024-11-17

How to Cite

Azizah, P. C. D. N. ., Wahyuni, N. S. ., & Sari, T. P. . (2024). Psikoedukasi ATEP (Antibullying Teacher Empowerment Program) untuk Meningkatkan Efikasi Diri Guru di SD Yapis Doom dalam Penanganan Perundungan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13240-13247. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6042