Strategi Promosi Pocong Pancong pada Akun Media Sosial Instagram @Pocong.pancong

Authors

  • Afifah Yonni Febriana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Dian Hutami Rahmawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6063

Abstract

Keberadaan Instagram dengan kehadiran fitur bisnisnya sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha. Banyak dari para pelaku usaha tersebut menggunakan Instagram sebagai marketing tools untuk mengukur parameter keberhasilan kegiatan pemasaran mereka menggunakan Instagram melalui penyebaran konten-konten yang menarik. Salah satu UMKM di kota surabaya yang menggunakan Instagram sebagai media promosi adalah Pocong Pancong yang memasarkan model bisnis waralaba (franchise) Kue Pancong. Pada penelitian ini mengalisa tentang Strategi Promosi Pancong Pocong di Instagram dalam mempromosikan bisnis franchise kue pancong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori 7C Framework oleh Rayport dan Jaworski (2003) Meliputi Context, Content, Community, Connection, Customization, Communication, Commerce dan menggunakan paradigma konstruktivisme  Teknik pengumpulan data  melalui wawancara sebagai data primer, data sekunder melalui dokumentasi, dan kajian pustaka. Hasil dari penelitian ini akun Instagram @pocong.pancong tidak memenuhi aspek commerce.

Published

2024-10-07

How to Cite

Febriana, A. Y. ., & Rahmawati, D. H. . (2024). Strategi Promosi Pocong Pancong pada Akun Media Sosial Instagram @Pocong.pancong. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 12128-12135. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6063