Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Self-Assesment dalam Critical Thinking Skill

Authors

  • Viona Try Nabilla Universitas Riau, Indonesia
  • Non Syafriafdi Universitas Riau, Indonesia
  • Elni Yakub Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6103

Abstract

Berpikir kritis adalah kemampuan intelektual kritis yang melibatkan analisis, sintesis, dan evaluasi pertanyaan kompleks. Ini adalah proses reflektif yang berfokus pada memutuskan apa yang harus diyakini dan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat critical thinking skill siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Selain itu juga untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan critical thinking skill siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan instrumen skala critical thinking skill. Berdasarkan hasil data yang diperoleh terdapat peningkatan tingkat critical thinking skill sebelm dan sesudah diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok. Selanjutnya pada penelitian ini menunjukkan bahwa tedapat perbedaan tingkat critical thinking skill siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik problem solving. Kemudian didapatkan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap critical thinking skill siswa dengan perolehan gain Score sebesar 0,73 artinya besar pengaruh bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik problem solving terhadap critical thinking skill siswa adalah kategori tinggi.

Published

2024-10-03

How to Cite

Nabilla, V. T. ., Syafriafdi, N. ., & Yakub, E. . (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Self-Assesment dalam Critical Thinking Skill. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11686-11690. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6103