Evaluasi Kurikulum Adab dalam Menumbuhkan Tawadhu (Studi Kasus di SD Juara Al-Hakim Tangerang)

Authors

  • Fauzan Fauzan UIN Syarif Hidayatullah, Indonesia
  • Khalimi Khalimi UIN Syarif Hidayatullah, Indonesia
  • Muhammad Fiqri Nur Ilmi Syaifullah UIN Syarif Hidayatullah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6105

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi strategi kurikulum adab dalam menumbuhkan tawadhu pada siswa di SD Juara Al Hakim Tangerang, sebuah sekolah yang berfokus pada pendidikan adab dan akhlak. Penelitian ini berangkat dari tantangan sosial berupa pengaruh negatif kemajuan teknologi, peran orang tua yang belum optimal dalam pendidikan anak, serta lingkungan yang kurang mendukung pembentukan karakter sejak usia dini. Selain itu, implementasi tujuan pendidikan nasional di beberapa lembaga pendidikan juga belum optimal. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan populasi peserta didik SD Juara Al Hakim Tangerang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum adab yang diterapkan di SD Juara Al Hakim mampu menumbuhkan tawadhu pada siswa melalui tiga program utama, yaitu 12 Adab Juara, 7 Habits, dan Lukman Berilmu. Proses perencanaan kurikulum dilakukan melalui diskusi kelompok, persiapan bahan ajar, dan evaluasi melalui rapor adab yang dilaporkan secara berkala. Evaluasi dilakukan secara objektif melalui observasi langsung dan penilaian dokumen seperti buku kompak serta formulir daring yang diisi oleh orang tua. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa kurikulum adab di SD Juara Al Hakim Tangerang berperan signifikan dalam menumbuhkan tawadhu pada siswa. Meskipun tidak semua indikator tawadhu terpenuhi, program-program yang dirancang telah menunjukkan hasil positif. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut mencakup optimalisasi sinergi antara sekolah, orang tua, dan lingkungan agar pembentukan karakter anak lebih kuat dan berkelanjutan.

Published

2025-02-22

How to Cite

Fauzan, F., Khalimi, K., & Syaifullah, M. F. N. I. . (2025). Evaluasi Kurikulum Adab dalam Menumbuhkan Tawadhu (Studi Kasus di SD Juara Al-Hakim Tangerang). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2422-2433. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6105