Keefektifan Perencanaan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kurikulum Merdeka pada Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga SMK N 1 Karanganyar

Authors

  • Dina Rosiana Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Sohidina Sohidina Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai efektivitas perencanaan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kurikulum Merdeka pada Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga SMKN 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan menggunakan metode evaluasi Countenance Stake. Informan dari penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ketua Kompetensi Keahlian AKL, dan guru pembimbing PKL dari Kompetensi Keahlian AKL. Berdasarkan metode evaluasi Countenance Stake, perencanaan pelaksanaan PKL Kurikulum Merdeka dibagi menjadi tiga komponen, yaitu antecedent, transactions, dan outcomes. Pengambilan keputusan atau penilaian untuk evaluasi dikategorikan ke dalam lima tingkatan yaitu sangat efektif, efektif, cukup efektif, kurang efektif, dan sangat kurang efektif. Kategorisasi ini didasarkan pada perbandingan standar objektif dengan kondisi Prakti Kerja Lapangan Kurikulum Merdeka di SMK N 1 Karanganyar pada Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga. Berdasarkan standar objektif PKL Kurikulum Merdeka terdapat 8 aspek yang di dalamnya terdapat 26 sub-aspek. Berdasarkan penelitian evaluasi pada perencanaan pelaksanaan PKL Kurikulum Merdeka di SMK N 1 Karanganyar pada Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga, disimpulkan bahwa terdapat 21 sub-aspek telah memenuhi dan 5 sub-aspek lainnya belum memenuhi standar objektif, sehingga perencanaan pelaksanaan PKL Kurikulum Merdeka di SMK N 1 Karanganyar pada Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga masuk pada kategori sangat efektif dengan persentase 80,77%.

Published

2024-11-05

How to Cite

Rosiana, D. ., & Sohidina, S. (2024). Keefektifan Perencanaan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kurikulum Merdeka pada Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga SMK N 1 Karanganyar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12567-12572. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6159