Penerapan E-Learning Sebagai Sumber dan Media Belajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Dwi Ria Ibti Disma Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Endang Tri Siti Eliyanti Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Fitri Sulistiyaningrum Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Yohanes Bahari Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Warneri Warneri Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6172

Abstract

Pendidikan adalah landasan dari setiap proyek pembangunan, dan di era globalisasi dan revolusi teknologi, pendidikan telah berkembang menjadi suatu hal yang sangat diperlukan. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi komunikasi dan informasi telah memajukan bidang pendidikan secara signifikan. Kemunculan internet, media cetak, dan platform pembelajaran online telah menciptakan peluang terjadinya inovasi bahan ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan tinjauan pustaka atau rancangan penelitian. Tujuannya adalah untuk membandingkan teori-teori yang ada dengan teori-teori yang telah disebutkan sebelumnya dalam literatur penelitian. Penerapan e-learning memerlukan usaha dan ketekunan. Inovasi yang diharapkan pemerintah untuk meningkatkan standar pendidikan harus konsisten dengan peraturan perundang-undangan yang diterapkan di lapangan. Beberapa inovasi di bidang pendidikan yang dapat dilakukan melalui e-learning sebagai sumber pengajaran dan media pembelajaran antara lain dengan mengoptimalkan penggunaan komputer dan laptop dalam pembelajaran daring, mengembangkan bahan pelajaran yang menarik melalui penggunaan aplikasi, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi menggunakan aplikasi. teknologi dalam proses pembelajaran ketika mereka mencari informasi terkait materi pelajaran.

Published

2024-11-01

How to Cite

Disma, D. R. I. ., Eliyanti, E. T. S., Sulistiyaningrum, F. ., Bahari, Y. ., & Warneri, W. (2024). Penerapan E-Learning Sebagai Sumber dan Media Belajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12452-12456. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6172