Literasi Matematika Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosional pada Materi Nilai Mutlak

Authors

  • Liani Wijayanti Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Edy Yusmin Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Ade Mirza Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Yulis Jamiah Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Ahmad Yani T Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika konten change and relationship pada materi nilai mutlak ditinjau dari tingkat kecerdasan emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah studi kasus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional, tes literasi matematika, dan wawancara. Penelitian ini melibatkan 33 peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pontianak dengan memberikan angket kecerdasan emosional. Berdasarkan 33 peserta didik tersebut diambil 6 peserta didik dengan tingkat kecerdasan emosional yang berbeda, yaitu 2 peserta didik dengan tingkat rendah, 2 peserta didik dengan tingkat sedang, dan 2 peserta didik dengan tingkat tinggi untuk dilakukan tes literasi matematika dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 3 peserta didik dengan tingkat kecerdasan emosional rendah dan sedang berada pada literasi matematika level 1, 2 peserta didik dengan tingkat kecerdasan emosional sedang dan tinggi berada pada literasi matematika level2, dan 1 peserta didik dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi berada pada literasi metematika level 3.

Published

2024-11-10

How to Cite

Wijayanti, L., Yusmin, E. ., Mirza, A. ., Jamiah, Y. ., & T, A. Y. . (2024). Literasi Matematika Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosional pada Materi Nilai Mutlak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12882-12889. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6187