Tinjauan Tentang Hukum Tata Negara Indonesia Berdasarkan Literatur Klasik dan Kontemporer

Authors

  • Abdur Rahim Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Muamar Zahwa Al Alif Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Hafiz An Nur Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Ahmad Qaulan Syadid Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Ariny Nur Al Salma Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran komprehensif tentang hukum tata negara Indonesia dalam konteks sejarah dan perkembangan terkini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mengacu pada berbagai sumber literatur, baik yang bersifat klasik maupun yang lebih baru Hasil penelitian menunjukkan bahwa hukum tata negara Indonesia merupakan sistem yang kompleks dan dinamis, yang terus berkembang seiring dengan perubahan sosial, politik, dan ekonomi. Literatur klasik memberikan dasar yang kuat bagi hukum tata negara, sementara literatur kontemporer menawarkan perspektif baru yang relevan dengan tantangan yang dihadapi saat ini. Meskipun terdapat kemajuan dalam penerapan hukum tata negara, masih banyak tantangan yang harus dihadapi, terutama dalam hal akuntabilitas, transparansi, dan penegakan hak asasi manusia. Dari analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa untuk mengoptimalkan penerapan hukum tata negara di Indonesia, diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga-lembaga hukum. Hal ini termasuk peningkatan pendidikan hukum di masyarakat, penguatan lembaga peradilan, serta peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Dengan demikian, hukum tata negara dapat menjadi alat yang efektif dalam mewujudkan tujuan negara dan kesejahteraan masyarakat.

Published

2024-11-09

How to Cite

Rahim, A., Alif, M. Z. A. ., Nur, H. A. ., Syadid, A. Q. ., & Salma, A. N. A. . (2024). Tinjauan Tentang Hukum Tata Negara Indonesia Berdasarkan Literatur Klasik dan Kontemporer. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12648-12653. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6200