Nasionalisme pada Remaja Gamer Surabaya (Studi Kualitatif Fenomenologi Remaja Gamer Surabaya tentang Game Far Cry 3)

Authors

  • Syahrul Ramadhan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Irwan Dwi Arianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6208

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi pengaruh permainan video, khususnya Far Cry 3, terhadap pemahaman dan identitas nasional remaja gamer di Surabaya dalam konteks konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teori fenomenologi Edgar dan Sedgwick serta teori nasionalisme Christian Fuchs, penelitian ini memaparkan bagaimana elemen cerita yang kuat dalam Far Cry 3 mempengaruhi pemain secara emosional dan memperkuat identitas nasional mereka. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengalaman bermain game ini tidak hanya meningkatkan pemahaman remaja terhadap konflik dan kekerasan, tetapi juga mempengaruhi pandangan mereka tentang nasionalisme. Selain itu, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya media digital sebagai platform untuk ekspresi dan pemahaman identitas nasional dalam era media sosial dan berita palsu. Namun, penelitian ini menyoroti kebutuhan untuk meluaskan fokus ke aktivitas digital di media sosial untuk pemahaman yang lebih komprehensif terhadap pengaruh media digital terhadap remaja.

Published

2024-11-05

How to Cite

Ramadhan, S. ., & Arianto, I. D. . (2024). Nasionalisme pada Remaja Gamer Surabaya (Studi Kualitatif Fenomenologi Remaja Gamer Surabaya tentang Game Far Cry 3). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12517-12522. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6208