Penerapan Model Collaborative Learning dengan Bantuan Media Youtube dalam Mata Pelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X di SMAN 1 Inuman

Authors

  • Yunda Yunda Universitas Riau, Indonesia
  • Ahmal Ahmal Universitas Riau, Indonesia
  • Asril Asril Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6212

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan minat belajar siswa setelah menerapkan model Collaborative Learning dengan bantuan media youtube kelas X SMAN 1 Inuman. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Instrumen yang digunakan yaitu Modul Ajar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada siklus I aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata sebesar 56,94% (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80,55% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 54,67% (cukup) dan meningkat pada siklus ke II menjadi 72,71% (baik). Sedangkan untuk minat belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69% (belum berhasil) dan meningkat pada siklus ke II dengan rata-rata 87,38% (berhasil). Berdasarkan hasil penelitian, model Collaborative Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kelas X di SMAN 1 Inuman.

Published

2024-11-11

How to Cite

Yunda, Y., Ahmal, A., & Asril, A. (2024). Penerapan Model Collaborative Learning dengan Bantuan Media Youtube dalam Mata Pelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X di SMAN 1 Inuman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13054-13058. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6212