Penerapan Metode Debat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 3 Siak Hulu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6213Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran sejarah kurang memfasilitasi belajar yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Ini terlihat dari kondisi pembelajaran sejarah dengan metoed diskusi yang penyampaian materi terpaku pada pemaparan fakta-fakta, konsep, peristiwa, tokoh, ruang dan waktu. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Modul Ajar dan Instrumen pengumpulan data yaitu lembaran observasi guru, siswa, dan tes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada siklus I aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata sebesar 46,87 (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 84,37 (baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 55,51 (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 68,42 (baik). Sedangkan untuk kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I diperoleh nilai 67,63 (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 93,05 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode debat di kelas X di SMA Negeri 3 Siak Hulu.