Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Window Shopping untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMAN 6 Pekanbaru

Authors

  • Sofia Kristin Silalahi Universitas Riau, Indonesia
  • Ahmal Ahmal Universitas Riau, Indonesia
  • Asril Asril Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6214

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 6 Pekanbaru; 2)aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 6 Pekanbaru; 3)keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 6 Pekanbaru. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dai 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 44,44% dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata sebesar 86,11% dengan kriteria “sangat baik” ; 2) aktivitas siswa pada siklus I mencapai 46,00% dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 81,07% dengan kriteria “sangat baik” ; 3) keaktifan siswa yang diperoleh pada siklus I hanya mencapai persentase sebesar 46,35% dengan kriteria “rendah” dan meningkat pada siklus II dengan persentase 84,82% dengan kriteria “tinggi”. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping dapat meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran sejarah.

Published

2024-11-10

How to Cite

Silalahi, S. K. ., Ahmal, A., & Asril, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Window Shopping untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMAN 6 Pekanbaru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13009-13016. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6214