Strategi Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dalam rangka Meningkatkan Kinerja Operator Sekolah (Studi Kasus di SMA Lepesa Cililin dan SMA YAS Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.622Abstract
Adapun menjadi tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengembangan konsep manajemen yang diterapkan pada kepemimpinan sekolah antara lain seperti perencanaan, serta pengorganisasian Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Operator Sekolah di SMA Lepesa Cililin dan SMA YAS Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Landasan teori pada penelitian ini yang termaktub pada Q.S Al-Baqarah Ayat 30. Prosedur penelitian, Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui desain wawancara, dan studi dokumen dengan subjek penelitian manajemen dan objek penelitia adalah Kepala Sekolah di SMA Lepesa Cililin dan SMA YAS Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Hasil temuan penelitian, interpretasi, dan pembahasan yang telah dilakukan mengenai strategi kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja operator sekolah (Studi Kasus di SMA Lepesa Cililin dan SMA YAS Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat) telah melakukan konsep manajerial kepala sekolah seperti perencanaan, dan pengorganisasian. Maka diperoleh simpulan bahwa strategi kepemimpinan manajerial kepala sekolah telah terlaksana dengan baik karena kepala sekolah mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang baik dalam kepemimpinnya, yang dimulai dari tahap menyusun rencana, mengorganisasikan program, melakukan pengarahan serta melakukan pengawasan terhadap kinerja operator sekolah.