Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Kelas V Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6221Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu tentang bagaimana strategi guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik dalam Indikator mempertanyakan, memprediksi, serta mengomunikasikan hasil pada pembelajaran IPAS kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh secara langsung melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen bersama guru wali kelas V A yaitu Ibu S dan peserta didik kelas V A dengan jumlah siswa 28 orang (14 orang laki-laki dan 14 orang perempuan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran IPAS guru telah menerapkan berbagai strategi. Pemilihan strategi yang dilakukan guru didasari pada capaian pembelajaran, dimana pada prosesnya ditemui beberapa langkah yang menunjang peserta didik untuk dapat berbicara, diantaranya pada langkah mempertanyakan, memprediksi serta mengomunikasikan hasil. Guru merancang strategi pembelajaran dalam bentuk modul ajar yang dijadikan pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Sehingga keberhasilan pengembangan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran IPAS di kelas V A tergantung dari perencanaan strategi yang dirancang oleh guru. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu guru kelas V A telah berhasil meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran IPAS.