Peningkatan Mutu Pendidikan dengan Penerapan Kurikulum Merdeka untuk Mencapai Tujuan Suistanable Development Goal

Authors

  • Cicik Sulistyowati Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Usman Radiana Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6223

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia serta kontribusinya terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi sekolah dan guru untuk menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan dan potensi siswa, sehingga mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi. Melalui studi literatur, penelitian ini menemukan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki relevansi yang kuat dalam mencapai tujuan keempat SDGs, yakni pendidikan yang inklusif, merata, dan berkualitas. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan dalam implementasinya, terutama terkait kesenjangan infrastruktur dan sumber daya manusia antara daerah perkotaan dan pedesaan. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah strategis seperti peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan berkelanjutan, penyediaan infrastruktur pendidikan yang memadai, serta pengawasan terhadap pelaksanaan kurikulum. Dengan adanya upaya kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan, Kurikulum Merdeka berpotensi menjadi instrumen penting dalam mendukung pencapaian SDGs dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Published

2024-11-09

How to Cite

Sulistyowati, C. ., & Radiana, U. . (2024). Peningkatan Mutu Pendidikan dengan Penerapan Kurikulum Merdeka untuk Mencapai Tujuan Suistanable Development Goal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12706-12712. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6223