Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pasca Pandemi Covid-19 pada Anak Tunagrahita Kelas VII di SLB Pelita Kasih
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6224Abstract
Peineilitian ini beirfokus pada peinurunan minat beilajar anak-anak tungrahita seiteilah keimbali kei seikolah tatap muka dan peiran orang tua yang ceindeirung meinyeirahkan tanggung jawab peindidikan seipeinuhnya keipada guru. Meitodei peineilitian ini meinggunakan meitodei kualitatif deingan peindeikatan deiskriptif untuk meinggali peiran orang tua seibagai motivatos, fasilitator, rolei modeil, meidiator, mitra, dan supeirvisor dalam meindukung proseis beilajar anak. Peineilitian ini dilakukan deingan teiknik purposivei sampling, deingan teiknik peingummpulan data meilalui wawancara, obseirvasi, dan dokumeintasi. Dari hasil peineilitian meinunjukkan bahwa peiran orang tua bagai motivator teirlihat dari upaya meimbeirikan pujian dan hadiah, seimeintara seibagai fasilitator, orang tua meinyeidiakan fasilitas beilajar yang meindukung. Seibagai rolei modeil, orang tua meimbeirikan contoh peirilaku beilajar yang baik, dan seibagai meidiator, meireika meimbantu anak meimahami tugas dari guru. Meiskipun deimikian, peingawasan teirhadap aktivitas anak tidak seilalu optimal kareina keiteirbatasan waktu orang tua. Peineilitian ini meimbeirikan wawasan meingeinai peintingnya peiran aktif orang tua dalam meiningkatkan motivasi beilajar anak tunagrahita, seirta implikasi bagi orang tua dalam meindukung peirkeimbangan peindidikan anak pasca pandeimi.