Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan LKPD terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 5 Pinggir
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6225Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran numbered head together terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 5 Pinggir. (2) Pengaruh model pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 5 Pinggir. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu (Quasi-Experiment). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas, independemt sample test dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran numbered head together berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keaktifan siswa, yang mana terdapat perbedaan keaktifan siswa yang menerapkan model pembelajaran numbered head together berbantuan LKPD dengan yang tidak menerapkan model pembelajaran numbered head together. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil uji Independent Sampel T-Test yang menunjukkan nilai rata-rata keaktifan siswa sebelum perlakuan sebesar 57.97 dan setelah perlakuan sebesar 71.80. Berdasarkan Uji N-gain persen, model pembelajaran numbered head together berbantuan LKPD cukup efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas XI mata pelajaran Ekonomi di SMAN 5 Pinggir. (2) hasil belajar ekonomi siswa yang diberikan dengan model pembelajaran numbered head together berpengaruh secara signifikan dengan mean 88 daripada hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan metode konvensional dengan mean 74.83.