Analisis Isi Unsur Environmental Social Governance (ESG) Dalam Konten Iklan Youtube Grab Indonesia 2023

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6227

Abstract

Grab, sebagai salah satu perusahaan teknologi besar di Asia Tenggara, telah menunjukkan komitmen kuat terhadap penerapan prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam operasionalnya. Dalam upaya untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai inisiatif ESG yang diterapkannya, Grab memanfaatkan platform media sosial YouTube sebagai media komunikasi. Youtube dipilih karena merupakan salah satu media sosial mainstream yang memiliki audiens dengan jumlah yang besar. Melalui konten video iklan yang dikemas menarik, Grab menampilkan berbagai konten promosi dan tutorial yang memiliki aspek keberlanjutan. Konten-konten memiliki isi yang memberikan informasi mengenai langkah-langkah yang diambil Grab untuk ikut memiliki andil dalam upaya keberlanjutan yang dikemas dengan unsur ESG.  Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif deskriptif  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat unsur ESG dengan dalam postingan konten di akun Youtube Grab Indonesia selama 2023. Hasil menunjukkan bahwa, unsur ESG yang dominan adalah Governance yang didominasi oleh sub kategor akuntabilitas dan transparansi.

Published

2024-11-10

How to Cite

Analisis Isi Unsur Environmental Social Governance (ESG) Dalam Konten Iklan Youtube Grab Indonesia 2023. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12890-12896. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6227