Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Taruna Sakti Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6228Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karna SMP Taruna Sakti Pekanbaru masih menggunakan model konvensional dan mengakibatkan siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa banyak berinteraksi atau berpartisipasi aktif. Mereka jarang mengajukan pertanyaan atau terlibat dalam diskusi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa digunakan model pembelajaran baru yaitu model pembelajaran talking stick. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Model pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Taruna Sakti Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Taruna Sakti Pekanbaru dengan total 71 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VII 1 dan VII 2. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, kuisioner (angket). Pengolaan data dengan analisis statistik dengan rumus uji t yaitu diperoleh thitung= 14, 306 dan ttabel=1.994 yang artinya thitunglebih besar dari ttabel dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwasanya model pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Taruna Sakti Pekanbaru dengan memperoleh nilai rata-rata 97,83% dikelas eksperimen dan rata-rata 62,96% dikelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan N-gain menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen adalah 60,36% termasuk dalam kategori Cukup Efektif. Sementara untuk nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol adalah 0,29 % termasuk dalam kategori Tidak Efektif, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Cukup Efektif untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VII di SMP Taruna Sakti Pekanbaru.