Pengaruh Media Evaluasi Pembelajaran Kahoot untuk Negeri Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N 2 Tambang

Authors

  • Fika Rahmawati Universitas Riau, Indonesia
  • Bunari Bunari Universitas Riau, Indonesia
  • Yanuar Al Fiqri Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6231

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1)  Bagaimana penerapan media evaluasi pembelajaran  kahoot terhadap minat belajar sejarah bagi siswa kelas X SMAN 2 Tambang. 2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media evaluasi pembelajaran  kahoot terhadap minat belajar sejarah  bagi siswa kelas X SMAN 2 Tambang. 3) Seberapa besar pengaruh penggunaan media evaluasi  pembelajaran kahoot terhadap minat belajar sejarah bagi siswa kelas X SMAN 2 Tambang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Quasi Eksprimen Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Tambang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.  Populasi dalam  penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Tambang dengan sampel nya kelas X.10 sebagai kelas eksperimen yang di ajarkan dengan menggunakan media evaluasi peembelajaran kahoot dan kelas X.12 sebagai kelas kontrol yang di ajarkan menggunakan metode ceramah atau konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunan media evaluasi pembelajaran kahoot terhadap minat belajar siswa dimana nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,045 dan t-hitung > t-tabel = 2,045 > 2,002 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Besar pengaruh penggunaan media evaluasi pembelaajaran kahoot terhadap minat belajar dapat di lihat dari nilai rata-rata angket pada kelas kontrol  66,03 dan eksperimen 70,46 dan berdasarkan analisis korelasi nilai yang di hasilkan sebesar  27 %.

Published

2024-11-05

How to Cite

Rahmawati, F. ., Bunari, B., & Fiqri, Y. A. . (2024). Pengaruh Media Evaluasi Pembelajaran Kahoot untuk Negeri Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N 2 Tambang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12582-12588. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6231