Pengaruh Media Evaluasi Pembelajaran Kahoot untuk Negeri Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N 2 Tambang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6231Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan media evaluasi pembelajaran kahoot terhadap minat belajar sejarah bagi siswa kelas X SMAN 2 Tambang. 2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media evaluasi pembelajaran kahoot terhadap minat belajar sejarah bagi siswa kelas X SMAN 2 Tambang. 3) Seberapa besar pengaruh penggunaan media evaluasi pembelajaran kahoot terhadap minat belajar sejarah bagi siswa kelas X SMAN 2 Tambang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Quasi Eksprimen Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Tambang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Tambang dengan sampel nya kelas X.10 sebagai kelas eksperimen yang di ajarkan dengan menggunakan media evaluasi peembelajaran kahoot dan kelas X.12 sebagai kelas kontrol yang di ajarkan menggunakan metode ceramah atau konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunan media evaluasi pembelajaran kahoot terhadap minat belajar siswa dimana nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,045 dan t-hitung > t-tabel = 2,045 > 2,002 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Besar pengaruh penggunaan media evaluasi pembelaajaran kahoot terhadap minat belajar dapat di lihat dari nilai rata-rata angket pada kelas kontrol 66,03 dan eksperimen 70,46 dan berdasarkan analisis korelasi nilai yang di hasilkan sebesar 27 %.