Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dengan Bantuan Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Rif’at Syauqi Universitas Riau, Indonesia
  • Suarman Suarman Universitas Riau, Indonesia
  • Hendripides Hendripides Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6232

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Make A Match dengan bantuan Wordwall dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran IPS kelas VIII-6 di SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 sebanyak 31 siswa. Intrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari persentase rata-rata keaktifan belajar dari 56,2% menjadi 81,3% yang berarti meningkat sebesar 25,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Make A Match dengan bantuan wordwall dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2023/2024.

Published

2024-11-10

How to Cite

Syauqi, R. ., Suarman, S., & Hendripides, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dengan Bantuan Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran IPS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12983-12986. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6232