Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dengan Bantuan Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6232Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Make A Match dengan bantuan Wordwall dalam meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran IPS kelas VIII-6 di SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 sebanyak 31 siswa. Intrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar yang dapat dilihat dari persentase rata-rata keaktifan belajar dari 56,2% menjadi 81,3% yang berarti meningkat sebesar 25,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Make A Match dengan bantuan wordwall dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2023/2024.