Penggunaan Video Animasi Berbasis Kemampuan Berpikir Spasial untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Tsunami pada Siswa MAS Al-Khairiah Lampung Selatan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6237Abstract
Tujuan dari penelitian ini mengembangkan video animasi berbasis kemampuan berpikir spasial untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana tsunami Selat Sunda pada siswa MAS Al-Khairiyah. Penelitian ini dilakukan dengan metode R&D model ADDIE. Populasi penelitian di MAS Al-Khairiyah Kecamatan Rajabasa, teknik pengambilan sampel purposive sampling sehingga sampel pada penelitian ini yaitu MAS Al-Khairiyah Kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, pre-test, post-test, dan kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif dan analitik untuk metode Reseacrh and Development dan teknik analisis data persentase untuk analisis hasil post test dan teknik analisis skoring untuk menganalisis hasil jawaban dari kuesioner. Hasil dari penelitian ini kemampuan berpikir spasial peserta didik kelas XI IPS MAS Al-Khairiyah Kabupaten Lampung Selatan mengalami peningkatan dari nilai pre test pertama dengan rata-rata 57.5 menjadi 75 pada hasil post test. Tingkat kesiapsiagaan peserta didik kelas XI IPS MAS Al-Khairiyah dalam menghadapi bencana tsunami berada pada indikator tinggi di angka 104 sehingga pemahaman pengetahuan tentang bencana tsunami mulai dari tahap pra-bencana sampai pasca bencana tinggi. Vidio animasi berbasis kemampuan berpikir spasial yang telah dikembangkan dapat disimpulkan sangat layak digunakan karena terdapat peningkatan kemampuan berpikir spasial dan tingkat kesiapsiagaan peserta didik naik signifikan. Saran dari hasil penelitian ini yaitu perlunya video animasi berbasis kemampuan berpikir spasial pada daerah rawan bencana lainnya.