Dampak Unggahan Akun Instagram @Giladiskon terhadap Minat Beli Remaja

Authors

  • Diana Amalia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Hadyan Ardiputra Universitas Paramadina, Indonesia
  • Laras Septiani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6239

Abstract

Latar belakang studi ini berakar pada munculnya sejumlah akun diskon yang serupa dalam waktu belakangan ini. Akun-akun diskon di platform Instagram berpotensi untuk membantu masyarakat, terutama para pengikutnya, dalam mencari penawaran diskon di Indonesia secara efisien. Kehadiran diskon tersebut juga berkontribusi pada perubahan gaya hidup masyarakat, di mana adanya penawaran diskon dapat meningkatkan kemampuan beli terhadap produk. Fenomena ini dapat mempengaruhi terbentuknya niat pembelian sehingga berdasarkan fenomena tersebut, terdapat kemungkinan adanya efek kecenderungan membeli. Teori yang diterapkan dalam studi ini mencakup teori pengaruh penampilan, teori minat, dan teori S-O-R. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang menerapkan analisis hubungan sebab-akibat. Hasil dari analisis kuantitatif tersebut disajikan dalam bentuk data lapangan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data mengindikasikan bahwasanya unggahan dari akun @giladiskon di platform media sosial Instagram memiliki dampak signifikan terhadap niat beli remaja di Surabaya. Pasalnya, semakin tinggi frekuensi, durasi, dan intensitas postingan iklan di Instagram, maka semakin besar pula dampaknya terhadap niat membeli.

Published

2024-11-15

How to Cite

Amalia, D., Ardiputra, H., & Septiani, L. . (2024). Dampak Unggahan Akun Instagram @Giladiskon terhadap Minat Beli Remaja. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13095-13099. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6239