Pengaruh Supervisi Akademik dan Budaya Kerja terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6240Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik dan budaya kerja terhadap profesionalisme guru. Menggunakan metode analisis deskriptif, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, dan korelasi, penelitian ini menemukan bahwa supervisi akademik dan budaya kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa supervisi akademik memberikan kontribusi sebesar 12,20% terhadap profesionalisme guru dengan derajat hubungan yang cukup kuat (0,455). Budaya kerja juga memberikan kontribusi yang lebih besar, yaitu 20,98% dengan derajat hubungan 0,523. Secara simultan, supervisi akademik dan budaya kerja bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 33,2% terhadap profesionalisme guru dengan derajat hubungan 0,576. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya supervisi akademik dan budaya kerja dalam meningkatkan profesionalisme guru di lembaga pendidikan.