Pengaruh Supervisi Akademik dan Budaya Kerja terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung

Authors

  • Dwinita Ragil Adintya Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Rasiman Rasiman Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Endang Wuryandini Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik dan budaya kerja terhadap profesionalisme guru. Menggunakan metode analisis deskriptif, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, dan korelasi, penelitian ini menemukan bahwa supervisi akademik dan budaya kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa supervisi akademik memberikan kontribusi sebesar 12,20% terhadap profesionalisme guru dengan derajat hubungan yang cukup kuat (0,455). Budaya kerja juga memberikan kontribusi yang lebih besar, yaitu 20,98% dengan derajat hubungan 0,523. Secara simultan, supervisi akademik dan budaya kerja bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 33,2% terhadap profesionalisme guru dengan derajat hubungan 0,576. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya supervisi akademik dan budaya kerja dalam meningkatkan profesionalisme guru di lembaga pendidikan.

Published

2024-11-09

How to Cite

Adintya, D. R. ., Rasiman, R., & Wuryandini, E. . (2024). Pengaruh Supervisi Akademik dan Budaya Kerja terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12722-12734. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6240