Studi Mengenai Belajar dari Pembelajaran Berbantuan Media Power Point dan LKPD Berorientasi Lingkungan

Authors

  • Listia Listia Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Dede Suratman Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Rachmat Sahputra Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Mohamad Rif’at Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Agung Hartoyo Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan efektivitas dua pendekatan pembelajaran, yaitu Media PowerPoint dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi lingkungan, terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen komparatif dan desain quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 70 siswa kelas X yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok pertama menerima pembelajaran menggunakan Media PowerPoint dan kelompok kedua menggunakan LKPD berorientasi lingkungan. Hasil analisis nilai posttest menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest siswa yang menggunakan Media PowerPoint adalah 72.31, yang tidak berbeda secara signifikan dari nilai acuan 76 (nilai t = -1.824, df = 34, Sig. = 0.077). Sebaliknya, rata-rata nilai posttest siswa yang menggunakan LKPD berorientasi lingkungan adalah 90.03, yang secara signifikan lebih tinggi dari nilai acuan 76 (nilai t = 8.355, df = 34, Sig. = 0.000). Perbandingan antara kedua kelompok menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan LKPD berorientasi lingkungan memiliki nilai rata-rata posttest yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan Media PowerPoint. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa LKPD berorientasi lingkungan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan Media PowerPoint. Oleh karena itu, disarankan agar pendidik mempertimbangkan penggunaan LKPD berorientasi lingkungan untuk meningkatkan pencapaian belajar siswa dalam pelajaran trigonometri.

Published

2024-11-10

How to Cite

Listia, L., Suratman, D. ., Sahputra, R. ., Rif’at, M. ., & Hartoyo, A. . (2024). Studi Mengenai Belajar dari Pembelajaran Berbantuan Media Power Point dan LKPD Berorientasi Lingkungan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12897-12907. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6244