Analisis Pemahaman Guru tentang Gaya Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6246Abstract
Setiap individu memiliki role mode yang berbeda dalam belajar, seorang guru memiliki peran penting dalam mengenali dan memahami karakteristik gaya belajar siswanya. Tujuan pada penelitian ini untuk medeskripsikan pemahaman guru tentang gaya belajar siswa dan profil pembelajaran guru dalam memfasilitasi gaya belajar siswa di SDN 018 Pematang Manggis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistic inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru wali kelas I, II, IV dan V di SDN 018 Pematang Manggis secara teoritis sudah memahami gaya belajar siswa. Profil pembelajaran yang guru lakukan dalam mefasilitasi gaya belajar siswa sudah cukup baik, strategi penyampaian materi telah dipersiapkan sedemikian rupa demi kelancaran pembelajaran, namun masih perlu meningkatkan penggunaan metode belajar yang lebih bervasiasi dan penyediaan media pembelajaran yang relevan. Kendala guru dalam memfasilitasi gaya belajar siswa yaitu kesulitan memfasilitasi siswa dengan gaya belajar auditori, jarang menggunakan proyektor saat mengajar dan belum tentu semua siswa mampu memahami materi pelajaran. Adapun upaya yang dilakukan guru untuk memfasilitasi gaya belajar siswa yaitu disiplin waktu, memantau kemajuan belajar siswa, memastikan semua siswa mendapatkan kesempatan belajar yang sama, menjalin kerjasama antara siswa, guru dan ortu serta memperluas wawasan.