Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PPKn terhadap Karakter Peduli Sosial Siswa di SMA Nurul Falah Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6247Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap karakter peduli sosial siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan angket yang terdiri dari 40 pernyataan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Nurul Falah Pekanbaru yang berjumlah 89 siswa dan penentuan jumlah sampel di tentukan berdasarkan teknik total sampling. “Hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 15,756 dan Ftabel sebesar 3,95 dimana hal tersebut menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima”, berdasarkan pernyataan tersebut maka hipotesis penelitian ini di terima dan artinya terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap karakter peduli sosial siswa di SMA Nurul Falah Pekanbaru. “Hasil koefisien determinasi diperoleh (R Square) sebesar 0,153 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas kompetensi kepribadian guru PPKn (variabel x) terhadap karakter peduli sosial siswa (variabel y) adalah sebesar 15,3%, sedangkan sisanya sebesar 84,7% (100%-15,3%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti pada penelitian ini”.