Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah pada Materi Bilangan Bulat di SMPN 2 Benyuke Hulu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6253Abstract
Penelitian ini mengembangkan dan mengevaluasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran pemecahan masalah untuk materi bilangan bulat di SMP Negeri 2 Benyuke Hulu, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Validasi oleh tiga ahli materi menunjukkan kelayakan LKPD sebagai bahan ajar, dengan penekanan pada aspek isi, penyajian, bahasa, model pembelajaran yang digunakan, dan kegrafikan. Respons positif juga diperoleh dari peserta didik terhadap kejelasan tulisan, kejelasan visual, dan kelengkapan informasi dalam LKPD. juga dianggap efektif dalam meningkatkan pemahaman, motivasi, dan interaksi dalam pembelajaran matematika. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 67,56% siswa mencapai atau melampaui KKM setelah menggunakan LKPD dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Benyuke Hulu. Meskipun demikian, sekitar 32,43% siswa masih belum mencapai standar ketuntasan yang diinginkan. Kesimpulannya, LKPD ini telah melalui validasi dan analisis yang komprehensif, menunjukkan potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di SMP dengan fokus pada pemecahan masalah dalam materi bilangan bulat.