Kemampuan Memahami Materi Teks Iklan, Slogan, dan Poster Siswa Kelas VIII

Authors

  • Nadia Zaini Universitas Riau, Indonesia
  • Elvrin Septyanti Universitas Riau, Indonesia
  • Zulhafizh Zulhafizh Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6259

Abstract

Iklan, slogan, dan poster sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan siswa. Iklan sangat mudah ditemukan mulai dari televisi, radio, smartphone, di pinggir jalan, dan di persimpangan jalan. Memahami materi teks iklan, slogan, dan poster menjadi penting bagi siswa agar tidak mudah terbujuk rayuan dari teks iklan, slogan, dan poster yang tidak dibutuhkan, selain itu siswa dapat menjadi pelaku pembuat iklan, slogan, dan poster yang cakap agar dapat mempengaruhi khalayak untuk tujuan kebaikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini tidak memberikan perlakuan atau tindakan apapun, penelitian hanya memberikan siswa kelas VIII tes objektif terkait materi teks iklan, slogan, dan poster. Hasil jawaban siswa merupakan kemampuan memahami materi teks iklan, slogan, dan poster siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat kemampuan siswa kelas VIII dalam memahami materi teks iklan, slogan, dan poster masih kurang, karena rata-rata nilai masih di bawah KKM 70 atau dengan kategori kemampuan kurang.

Published

2024-11-01

How to Cite

Zaini, N. ., Septyanti, E. ., & Zulhafizh, Z. (2024). Kemampuan Memahami Materi Teks Iklan, Slogan, dan Poster Siswa Kelas VIII. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12491-12495. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6259