Kemampuan Memahami Materi Teks Iklan, Slogan, dan Poster Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6259Abstract
Iklan, slogan, dan poster sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan siswa. Iklan sangat mudah ditemukan mulai dari televisi, radio, smartphone, di pinggir jalan, dan di persimpangan jalan. Memahami materi teks iklan, slogan, dan poster menjadi penting bagi siswa agar tidak mudah terbujuk rayuan dari teks iklan, slogan, dan poster yang tidak dibutuhkan, selain itu siswa dapat menjadi pelaku pembuat iklan, slogan, dan poster yang cakap agar dapat mempengaruhi khalayak untuk tujuan kebaikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini tidak memberikan perlakuan atau tindakan apapun, penelitian hanya memberikan siswa kelas VIII tes objektif terkait materi teks iklan, slogan, dan poster. Hasil jawaban siswa merupakan kemampuan memahami materi teks iklan, slogan, dan poster siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat kemampuan siswa kelas VIII dalam memahami materi teks iklan, slogan, dan poster masih kurang, karena rata-rata nilai masih di bawah KKM 70 atau dengan kategori kemampuan kurang.