Pengaruh Supervisi Akademik dan Budaya Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6264

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar di Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik guru dengan nilai koefisien determinasi (r^2) sebesar 11,6%, sementara 88,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu, budaya sekolah juga berpengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik guru dengan nilai r^2 sebesar 37,9%, dan sisanya sebesar 62,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara bersama-sama, peran kepala sekolah dan budaya sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru dengan nilai r^2 sebesar 49,5%, yang menunjukkan hubungan yang kuat antara variabel-variabel tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin baik peran kepala sekolah dan budaya sekolah, semakin meningkat pula kompetensi pedagogik guru.

Published

2024-11-09

How to Cite

Pengaruh Supervisi Akademik dan Budaya Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12654-12663. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6264