Pengaruh Kepemimpinan Instruksional, Supervisi Akademik dan Budaya Organisasi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Temanggung

Authors

  • Eri Cahyati Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Muhammad Prayito Universitas PGRI Semarang
  • Dyah Nugrahani Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6268

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan instruksional, supervisi akademik, dan budaya organisasi terhadap kompetensi pedagogik guru SD Negeri di Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear dengan data yang diperoleh dari pengukuran kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan instruksional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru dengan pengaruh sebesar 21,9%. Supervisi akademik juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 34,8%. Selain itu, budaya organisasi memberikan pengaruh paling besar dengan 56,8%. Secara simultan, kepemimpinan instruksional, supervisi akademik, dan budaya organisasi memberikan pengaruh positif sebesar 67,5% terhadap kompetensi pedagogik guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ketiga variabel tersebut secara signifikan meningkatkan kompetensi pedagogik guru SD Negeri di Kecamatan Temanggung. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya kepemimpinan, supervisi, dan budaya organisasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Published

2024-11-09

How to Cite

Cahyati, E. ., Muhammad Prayito, & Dyah Nugrahani. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional, Supervisi Akademik dan Budaya Organisasi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Temanggung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 12746-12758. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6268