Analisis Faktor Kesulitan Membaca Sekolah Dasar

Authors

  • Sevi Citra Prameswari Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca pada siswa sekolah dasar, serta mencari solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka. Analisis studi literatur dari 20 artikel menunjukkan bahwa kesulitan membaca terutama disebabkan oleh kurangnya minat siswa untuk belajar membaca dan kurangnya bimbingan orang tua. Faktor internal seperti ketidakmampuan mengeja, kesulitan membedakan huruf, dan motivasi yang rendah mempengaruhi siswa, sementara faktor eksternal meliputi kurangnya dukungan orang tua dan model pembelajaran yang tidak tepat. Untuk meningkatkan minat membaca, disarankan guru menggunakan metode interaktif, melibatkan orang tua, dan menyediakan bahan bacaan menarik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memahami kesulitan membaca dan memperbaiki proses pembelajaran di sekolah dasar.

Published

2024-10-21

How to Cite

Prameswari, S. C., & Subayani, N. W. . (2024). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 12425-12430. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6271