Evaluasi Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 017 Napo Kabupaten Polewali Mandar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6280Abstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis tujuan, sumber daya, pelaksanaan, hasil, dan konsekuensi dari Program Sekolah Penggerak di SDN 017 Napo di Kabupaten Polewali Mandar. Latar belakang penelitian ini berasal dari perubahan kurikulum yang signifikan, yang beralih dari Kurikulum K13 ke Kurikulum Merdeka, dan bertujuan untuk menjawab pertanyaan publik mengenai dampak dari Program Sekolah Penggerak. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif, yang dipandu oleh model evaluasi McDavid, dengan fokus pada penilaian objektivitas, input, aktivitas, produk, dan hasil program di SDN 017 Napo. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara, dengan analisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Temuan menunjukkan bahwa tujuan program dirumuskan dengan jelas dan diimplementasikan secara efektif. Sumber daya yang tersedia memadai, sesuai, dan digunakan secara optimal. Pelaksanaan program sesuai dengan rencana dan menunjukkan efektivitas yang tinggi. Pencapaian program memenuhi standar yang ditetapkan, dan konsekuensinya menunjukkan dampak positif yang signifikan pada siswa dan anggota sekolah. Studi ini menyimpulkan bahwa sekolah perlu mendorong penggunaan teknologi dalam pengajaran, meningkatkan keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah, dan memungkinkan pendidik untuk lebih fokus pada pengembangan pembelajaran yang berbeda, termasuk pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.