Implementasi Pengembangan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di Madrasah Aliyah Negeri

Authors

  • Muhammad Afrizal Sauqi Billah UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
  • Muh Wasith Achadi UIN Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6284

Abstract

Penelitian bertujaun untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Al-Quran dan Hadist pada MAN 2 Sleman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studimlapangan, sehingga penelitian ini dapat menggali pengalaman guru dan peserta didik dalam menghadapi perubahan kurikulum. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep dan implementasi kurikulum Merdeka Belajar di MAN 2 Sleman telah diterapkan dengan baik dan sesuai dengan aturan dalam pendidikan Kurikulum Merdeka. Implementasi kurikulum ini akan memberikan siswa lebih banyak kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Program ini berfokus pada pengembangan pola pikir siswa dalam berpikir kritis dan inovasi.  Guru memerankan penting dalam proses mengajar, terutama dalam mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadits.  Guru menerapakan proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga dapat meningkatan hasil belajar siswa pada penerapan Kurikulum Merdeka. Namun, dalam penerapan ini guru memiliki hambatan dalam prosesnya yaitu tidak adanya bahan ajar (buku) sebagai modul pembelajaran. Dengan demikian, studi ini menunjukkan perlunya dukungan yang lebih besar dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, sekolah, dan masyarakat, agar Kurikulum Merdeka tersebut dapat terlaksana dengan baik. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang memengaruhi Implementasi Kurikulum Merdeka, sehingga dapat meningkatkan penerapan kurikulum merdeka melalui pengembangan strategi yang diterapkan pada sekolah-sekolah lainnya.

Published

2024-11-15

How to Cite

Billah, M. A. S. ., & Achadi, M. W. . (2024). Implementasi Pengembangan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di Madrasah Aliyah Negeri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13067-13076. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6284