Integrasi Nilai-Nilai Keilmuan dalam Praktik Etika Administrasi Pendidikan Islam

Authors

  • Salsabila Amanda Tsabita Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Nur Fitriatin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6288

Abstract

Integrasi nilai-nilai keilmuan dalam etika administrasi pendidikan Islam, bertujuan untuk memperbaiki kualitas pengelolaan pendidikan dengan berlandaskan nilai-nilai moral dan spiritual Islam. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis cara-cara mengintegrasikan nilai-nilai keilmuan dalam praktik etika administrasi pendidikan Islam untuk meningkatkan kualitas dan etika pengelolaan pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan kajian pustaka, menganalisis berbagai literatur terkait untuk menggali cara mengintegrasikan nilai-nilai keilmuan dalam praktik administrasi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ini dapat diwujudkan melalui desain kurikulum holistik yang menggabungkan kurikulum umum dengan kurikulum Islam, pengembangan karakter siswa melalui program tahsin, tahfidz al-Qur’an, serta peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan berkelanjutan. Strategi lain seperti evaluasi mutabaah yaumiyah dan buku kontrol kegiatan juga memperkuat penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kesimpulannya, integrasi nilai-nilai keilmuan dalam praktik etika administrasi pendidikan Islam tidak hanya meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan, tetapi juga membentuk dan meningkatkan individu yang cerdas, bermoral, dan bertanggung jawab, sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Published

2024-12-02

How to Cite

Tsabita, S. A., & Fitriatin, N. . (2024). Integrasi Nilai-Nilai Keilmuan dalam Praktik Etika Administrasi Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13747-13759. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6288