Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Perundungan (Bullying) terhadap Siswa

Authors

  • Yulirman Gea Universitas Nias, Indonesia
  • Fatiani Lase Universitas Nias, Indonesia
  • Amstrong Harefa Universitas Nias, Indonesia
  • Syukur Kasieli Hulu Universitas Nias, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6292

Abstract

Tujuan penelitin ini untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi perundungan (bullying) terhadap siswa di SMP Negeri 1 Tuhemberua, serta mengetahui kendala dan upaya mengatasi perundungan (bullying) terhadap siswa di SMP Negeri 1 Tuhemberua. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: pertama memberikan konseling kepada siswa yang korban perundungan, artinya mereka mengatasi dampak emosional, dan meningkatkan rasa percaya diri mereka, dan Guru juga sangat berperan penting dalam menciptakan suasana kelas yang inklusif dan positif, serta memberikan pendidikan tentang perundungan secara konsisten. Kedua kendala yang di hadapi oleh guru dalam mengatasi perundungan (bullying) terhadap siswa kurangnya dukungan dari orang tua menjadi hambatan dalam penanganan kasus perundungan, kemudian perundungan sering terjadi di tempat-tempat yang sulit diawasi, dan ada kesulitan dalam membedakan antara bercanda dan perundungan yang sebenarnya. menyediakan jalur pelaporan anonim, dan melibatkan orang tua. Dan ada beberapa area yang ditingkatkan, seperti memperbanyak kegiatan yang melibatkan siswa secara langsung, memperketat penegakan aturan, meningkatkan pengawasan di area rawan perundungan, serta memberikan edukasi lebih intensif kepada orang tua. Ketiga upaya mengatasi kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengatasi perilaku perundungan (bullying) terhadap siswa adalah menyediakan jalur pelaporan anonim, dan melibatkan orang tua. Serta beberapa area yang ditingkatkan, seperti memperbanyak kegiatan yang melibatkan siswa secara langsung, memperketat penegakan aturan, meningkatkan pengawasan di area rawan perundungan, serta memberikan edukasi lebih intensif kepada orang tua.

Published

2024-11-15

How to Cite

Gea, Y. ., Lase, F. ., Harefa, A. ., & Hulu, S. K. . (2024). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Perundungan (Bullying) terhadap Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13117-13129. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6292