Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 3 Ngasem Jepara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6297Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter yang berfokus pada disiplin dan tanggung jawab dalam meningkatkan pembelajaran matematika serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada tanggal 12, 27, dan 28 Agustus 2024 di SDN 3 Ngasem Batealit Jepara. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa kelas 4. Upaya untuk membiasakan disiplin dan tanggung jawab di SDN 3 Ngasem mencapai keberhasilan sekitar 85%, meskipun terdapat tantangan dalam pelaksanaan, seperti kurangnya kesadaran dalam memahami peraturan dan mengikuti tata tertib. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter. Selain itu, observasi terhadap perilaku siswa menunjukkan peningkatan disiplin dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih aktif, mandiri, dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Peningkatan hasil belajar ini dapat dikaitkan dengan terinternalisasinya nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab pada siswa. Dengan demikian, penerapan pendidikan karakter dalam disiplin dan tanggung jawab menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan membentuk karakter siswa yang lebih baik.