Analisis Penerapan Strategi Diskusi Kelompok dalam Berpikir Kritis Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Authors

  • Sudiaman Mendrofa Universitas Nias, Indonesia
  • Hendrikus Otniel Nasozaro Harefa Universitas Nias, Indonesia
  • Anugerah Tatema Harefa Universitas Nias, Indonesia
  • Berkat Persada Lase Universitas Nias, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi diskusi kelompok dalam berfikir kritis siswa terhadap pembelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Hiliduho. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dalam penelitian ini. informasi dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Teknik reduksi data, visualisasi data, dan penarikan kesimpulan digunakan untuk menganalisis data. Melalui diskusi kelompok siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, dengan cara membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil beranggota 5 orang setiap satu kelompok, ini dapat mendorong siswa aktif dalam diskusi dengan bertanya pertanyaan terbuka. Kemudian kendala-kendala yang didapatkan dalam penerapan stratergi diskusi kelompok, seperti ada beberapa siswa mungkin tidak memiliki keterampilan komunikasi dan berpikir kritis yang di perlukan untuk berpartisipasi secara efektif dalam diskusi kelompok, dan kelas yang tidak terorganisir dengan baik dapat membuat sulit untuk membagi siswa menjadi kelompok untuk diskusi, dan ada satu dua orang anggota kelompok yang mendominasi diskusi, sehingga anggota lain merasa sulit menyampaikan pendapat mereka, seperti kurang memberikan tanggapan/saran, jarang berbicara dalam kelompok, lebih banyak diam dan upaya untuk mengatasi kendala-kendala tersebut yaitu Guru memberikan pelatihan kepada siswa tentang keterampilan berpikir kritis seperti menganalisis informasi melalui kegiatan pemecahan masalah, analisis teks, dan debat. Guru juga memfasilitasi kegiatan yang mendorong siswa untuk berkomunikasi secara efektif dan berkolaborasi dengan anggota kelompok lainnya, kegiatan ini dapat di lakukan melalui presentasi kelompok dan diskusi terbuka.

Published

2024-11-15

How to Cite

Mendrofa, S. ., Harefa, H. O. N. ., Harefa, A. T. ., & Lase, B. P. . (2024). Analisis Penerapan Strategi Diskusi Kelompok dalam Berpikir Kritis Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13205-13214. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6299