Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 2 Bawolato
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6300Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui strategi, faktor pendukung, faktor penghambat, dan dampak kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMA Negeri 2 Bawolato. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan menggunakan formulir wawancara, alat rekaman untuk merekam semua pembicaraan dan hasil gambar sebagai bukti nyata, dan buku catatan yang berfungsi untuk mencatat percakapan dengan sumber data atau informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMA Negeri 2 Bawolato yaitu, Mengadakan pelatihan pemahaman tentang filosofi Kurikulum Merdeka, penyusunan modul ajar, dan pelatihan penggunaan teknologi. Kedua, Hambatan utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 2 Bawolato meliputi, perbedaan pemahaman di kalangan guru akibat latar belakang yang berbeda, dan kesulitan dalam menerapkan metode pembelajaran inovatif seperti pembelajaran berbasis proyek dan masalah karena keterbatasan fasilitas. Selain itu, kendala penggunaan teknologi disebabkan oleh fasilitas yang kurang memadai dan keterampilan dalam penggunaan teknologi yang belum merata di antara guru. Ketiga, Upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 2 Bawolato, yaitu diperlukan pelatihan lanjutan yang fokus pada pemahaman filosofi kurikulum, penyusunan modul ajar yang kolaboratif, serta peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.