Efektivitas Modul Laju Reaksi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi TPACK terhadap Peningkatan Literasi Numerasi Peserta Didik Fase F
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6303Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas modul laju reaksi berbasis problem based learning terintegrasi TPACK terhadap peningkatan literasi numerasi peserta didik fase F di SMAN 2 Payakumbuh. Penelitian menerapkan jenis quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Populasi meliputi peserta didik fase F kelas XI SMAN 2 Payakumbuh yang sedang mempelajari kimia tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak enam kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas eksperimen XI F 11 serta kelas kontrol XI F 12. Instrumen tes literasi numerasi berupa soal pilihan ganda sederhana, isian singkat dan uraian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji n-gain serta uji hipotesis dengan uji t. hasil analisis data didapatkan nilai n-gain kelas kontrol dan kelas eksperimen secara berturut-turut yaitu 0,24 kategori rendah dan 0,39 kategori sedang. Hasil uji hipotesis didapatkan thitung > ttabel yakni 2,390 > 1,995 maka kemampuan literasi numerasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul laju reaksi berbasis problem based learning terintegrasi TPACK efektif terhadap peningkatan literasi numerasi peserta didik fase F di SMAN 2 Payakumbuh.