Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembantukan Karakter Peserta Didik Kelas V

Authors

  • Maksima Regina Marian Maloring Universitas Lampung, Indonesia
  • Lismawati Dewi Universitas Lampung, Indonesia
  • Dita Febrina Putri Universitas Lampung, Indonesia
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Lampung, Indonesia
  • Amrina Izzatika Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6306

Abstract

Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa sangat penting terutama pada kelas lima, yang merupakan tahap kunci dalam pertumbuhan sosial dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa di SDN Gotong Royong, yang berlokasi di Kota Bandar Lampung. Metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional digunakan, melibatkan 36 siswa yang mengisi kuesioner, dengan analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang signifikan dan positif antara lingkungan sekolah dengan pembentukan karakter, ditunjukkan oleh koefisien korelasi Pearson sebesar 0.699 dan nilai R Square sebesar 0.489. Ini menunjukkan bahwa 48,9% variasi dalam pembentukan karakter dipengaruhi oleh lingkungan sekolah. Uji hipotesis menghasilkan nilai t sebesar 5.703, melebihi nilai t-tabel sebesar 2.032, yang mengonfirmasi hubungan yang bermakna antara kedua variabel tersebut. Kesimpulannya, lingkungan sekolah sangat memengaruhi pembentukan karakter siswa kelas lima di SDN Gotong Royong.

Published

2024-11-15

How to Cite

Maloring, M. R. M., Dewi, L. ., Putri, D. F. ., Supriyadi, S., & Izzatika, A. . (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembantukan Karakter Peserta Didik Kelas V. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13144-13149. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6306