Literasi Digital melalui Pemanfaatan Aplikasi TikTok pada Pembelajaran Anak Usia Dini

Authors

  • Debora Rannu Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Suarti Suarti Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Indah Wahyuni Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.631

Abstract

Salah satu Aplikasi dari sekian banyak Aplikasi yang sedang viral di media sosial adalah TikTok, Aplikasi ini digemari oleh semua kalangan usia, mulai dari kalangan orang tua, dewasa bahkan termasuk usia Anak Dini. Seiring dengan perkembangan teknologi dunia pendidikan pun mengalami perubahan yang signifikan, terlebih beberapa tahun lalu dunia dilanda dengan pandemi covid-19, tatanan hidup mengalami perubahan dan berimbas juga di dunia pendidikan, dengan kondisi inilah pemerintah pun terus berupaya dengan segala macam cara agar dunia pendidikan tetap berjalan sebagaimana yang diharapkan. Di era teknologi yang semakin canggih, media pembelajaran harus menarik dan sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi TikTok merupakan sebuah media hiburan, dan sudah tentu sangat sesuai dengan prinsip pembelajaran pada Anak Usia Dini bermain sambil belajar, mereka belajar melalui bermain. Dengan demikian Aplikasi TikTok dapat digunakan oleh para pendidik dalam membuat konten-konten atau tutorial pembelajaran, dengan durasi waktu tertentu. Kehadiran aplikasi Tiktok di tengah-tengah masyarakat khususnya di kalangan pendidik dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan media aplikasi TikTok dalam media pembelajaran pada anak usia dini.

Published

2022-06-05

How to Cite

Rannu, D., Suarti, S., & Wahyuni, I. (2022). Literasi Digital melalui Pemanfaatan Aplikasi TikTok pada Pembelajaran Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1712-1716. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.631