Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme pada Pembelajaran PPKn Kelas V SDN 64/IV Kota Jambi

Authors

  • Putri Intan Indaswari Sukandi Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Sholeh Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme pada pembelajaran PPKn di kelas V SDN 64/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 64/IV Kota Jambi pada kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan jenis penelitian fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter nasionalis pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V dilakukan dengan dua tahapan yaitu; a) tahapan perencanaan, dalam tahap ini guru mempersiapkan apa yang dibutuhkan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila seperti modul ajar dan kegiatan program sekolah, kegiatan program pendukung penanaman nilai-nilai nasionalis pada program sekolah yaitu menyanyikan lagu nasionalis, memperkenalkan keberagaman budaya, menggunakan produk-produk dalam negeri, memperkenalkan pada pemainan rakyat, melakukan upacara bendera pada hari-hari besar; b) tahapan pelaksanaan, yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

Published

2024-12-01

How to Cite

Sukandi, P. I. I. ., Sofwan, M. ., & Sholeh, M. . (2024). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme pada Pembelajaran PPKn Kelas V SDN 64/IV Kota Jambi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13293-13300. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6315