Studi Meta-Analisis: Efektifitas Psikoedukasi untuk Meningkatkan Self-Efficacy

Authors

  • Fadila El Zahra Universitas Surabaya, Indonesia
  • Ananta Yudiarso Universitas Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6327

Abstract

Psikoedukasi adalah salah satu teknik intervensi yang dapat meningkatkan self-efficacy. Individu yang memiliki self-efficacy pada kategori rendah akan berdampak pada kemampuan berpikir dan analisisnya serta aspirasi yang menurun, dan kualitas kerja yang menurun. Sehingga, pada penelitian ini bertujuan untuk meninjau keefektifan dari intervensi psikoedukasi untuk meningkatkan self-efficacy. Metode dalam penelitian ini yaitu meta-analisis, dengan cara melihat effect size menggunakan 13 jurnal eksperimen dari penelitian terdahulu yang telah dipublikasi. Effect size diperoleh dari jumlah partisipan (n), standart deviasi (SD), dan mean (M) yang ada pada setiap kelompok eksperimen (KE) dan kelompok kontrol (KK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi psikoedukasi efektif untuk meningkatkan self-efficacy pada individu dengan nilai hedge’s g = -1.39 (large effect size) dengan level confidence 95%, (CI= -2.867 hingga 0.091), nilai signifikansi 0.066, nilai heterogenitas (I2) 98.7%, dan skor bias publikasi 0.483.

Published

2024-12-01

How to Cite

Zahra, F. E. ., & Yudiarso, A. . (2024). Studi Meta-Analisis: Efektifitas Psikoedukasi untuk Meningkatkan Self-Efficacy. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13336-13340. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6327