Deiksis Wacana dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMPN 6 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6343Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan fungsi deiksis wacana dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 6 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Sumber data penelitian ialah tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 6 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Berdasarkan hasil penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 6 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu, ditemukan bentuk deiksis wacana ini, di sini, itu, begitu, dan -nya. Ditemukan dua fungsi deiksis wacana, yaitu merujuk pada hal yang telah disebutkan dan merujuk pada hal yang akan disebutkan.