Strategi Bauran Pemasaran 7P sebagai Upaya Meningkatkan Animo Masyarakat dalam Memilih Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6353Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang diterapkan oleh SMP Santa Maria Surabaya untuk meningkatkan minat masyarakat. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, hasil penelitian mengungkapkan analisis dari tujuh elemen bauran pemasaran dan langkah-langkah yang diambil dalam kegiatan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang paling efektif adalah promosi internal, yang berfokus pada tiga kegiatan utama: program intrakurikuler, program ekstrakurikuler, dan inisiatif pembentukan karakter. Dengan mengoptimalkan ketiga kegiatan inti ini untuk siswa, SMP Santa Maria Surabaya menganggap pendekatan ini sebagai alat promosi yang kuat. Ketika siswa dan orang tua mereka merasakan layanan pendidikan berkualitas tinggi dan merasa puas, mereka cenderung membagikan pengalaman positif ini kepada orang lain, yang pada akhirnya membantu menyebarkan informasi yang baik kepada masyarakat luas.