Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6354Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan media pembelajaran terhadap hasil belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi di sekolah dasar negeri dabin indrapasta sebanyak 663 siswa. Sampel diambil menggunakan rumus dari Abubakar dimana 15% dari jumlah populasi yaitu 100 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Metode analisis data yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik memiliki pengaruh terhadap hasil belajar tapi tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar, media pembelajaran tidak berpengaruh terhadap hasil belajar tapi memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar, motivasi belajar dapat menjadi variabel intervening terhadap pengaruh media pembelajaran dan hasil belajar namun tidak pada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin baik kemampuan pedagogik yang dimiliki guru maka hasil belajar siswa akan meningkat dan semakin sering guru menggunakan media pembelajaran maka motivasi belajar siswa akan semakin tinggi.